Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa


minuman tradisional minahasa, cara membuat saguer, proses pembuatan cap tikus, sopi, minuman tradisional tuak, minuman alkohol, saguer, cap tikus
pedagang keliling tuak dan prajurit pribumi  
karya Auguste van Pers (1854).
Cap tikus adalah sebutan populer di Minahasa Sulut untuk minuman tradisional yang mengandung alkohol tinggi berkisar 40 persen. Namun nama yang sebenarnya adalah Sopi.

Bahan dasar pembuatannya berasal dari air sadapan yang menetes dari pohon enau, yang oleh masyarakat Minahasa dikenal sebagai pohon akel atau seho. Secara umum pohon ini disebut pohon aren yang sebutan ilmiahnya Arenga pinnata [1] atau sinonimnya Arenga saccharifera

Proses pembuatan
Pertama, ujung tandan bunga pohon aren akan dimemarkan dengan dipukul-pukul selama beberapa hari menggunakan sepotong kayu hingga keluar cairan. Ujung tandan kemudian dipotong dan digantungkan sebatang bambu untuk menampung tetesan airnya.  Air yang ditampung ini disebut air nira, berwarna jernih tapi agak keruh dan rasanya sangat manis. Pengambilan air ini biasanya dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Aktifitas menyadap pohon aren ini disebut “batifar” oleh masyarakat lokal.
bahan dasar sagues dan cap tikus, brenti jo ba gate, pohon aren, akel, seho, saguer, lepen, cap tikus, asal usul, cara buat cap tikus, proses pembuatan cap tikus, minuman khas minahasa
mayang pohon aren
Dengan bahan dasar air nira ini, para petani dapat memproduksi saguer, gula, cuka dan sopi atau populernya “cap tikus”. Air nira yang tidak diproses atau dibiarkan begitu saja selama beberapa hari akan berfermentasi menjadi cuka.[2].

Saguer adalah nama minuman fermentasi dari air nira dalam bahasa melayu Manado, asal kata “air sagu’, karena berwarna putih susu seperti sagu. Saguer yang baru dan segar akan mengeluarkan busa.

Saguer dibuat dengan cara mencampur air nira mentah (segar) dengan yang lama yang telah berfermentasi dan punya endapan di sebuah ruas bambu khusus yang diujungnya ada saringan yang terbuat dari ijuk, kemudian dibiarkan selama beberapa waktu. Rasanya sedikit manis, agak masam atau pahit dengan kadar alkohol berkisar 4 - 5 persen. Rasanya bisa berbeda-beda tergantung dari orang yang membuatnya.

pohon akel, seho, enau, mayang, saguer, lepen, cap tikus, sopi, sofi
pohon enau, akel, seho dan juga disebut aren
Tapi ada juga beberapa daerah yang menyebutnya berbeda, seperti Tonsea menyebut Lepen, Tombulu’ menyebut pehe dan untuk daerah Tontemboan, Tondano Timpa, Bantik dan Bentenan menyebutnya tipas. 

Sedangkan daerah Tonsawang dan Ponosakan menyebutnya tuwak. Walaupun beda sebutan tapi artinya ma’suattokan alias sama. 

Secara hukum adat, minuman saguer adalah minuman dewata dan tidak boleh diperdagangkan, tapi abad 18 saguer mulai diperbolehkan diperdagangkan sebagai tambahan penghasilan bagi petani [3]

Air nira yang dikumpulkan akan diolah dengan cara distilasi atau disuling. Air tersebut akan dimasukkan kedalam sebuah wadah khusus yang nantinya akan dimasak hingga titik didih tertentu dan menghasilkan uap panas.

Uap yang dihasilkan akan disalurkan lewat rangkaian “pipa-pipa” bambu yang diatur sedemikian rupa. Uap tersebut nantinya dalam proses akan menjadi dingin dan kembali menjadi cair. 

Cairan inilah yang disebut “cap tikus”. Kadar alkohol dari cap tikus tergantung oleh kualitas penyulingan yang dilakukan. 

Semakin baik teknik pengolahannya maka semakin tinggi pula kadar alkoholnya.

Baca ; Asal usul nama capTikus

bahan dasar sagues dan cap tikus, brenti jo ba gate, pohon aren, akel, seho, saguer, lepen, cap tikus, asal usul, cara buat cap tikus, proses pembuatan cap tikus, minuman khas minahasabahan dasar sagues dan cap tikus,sabua, brenti jo ba gate, pohon aren, akel, seho, saguer, lepen, cap tikus, asal usul, cara buat cap tikus, proses pembuatan cap tikus, minuman khas minahasa
pondok petani pembuat cap tikus
Sumber ekonomi dan sumber masalah
Minuman ini telah menjadi salah satu sumber pendapatan bagi banyak petani dan pedagang sejak dahulu yang telah berhasil mengubah taraf hidupnya dan mampu membiayai pendidikan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi. 

Tapi bagai buah simalakama, minuman ini juga menjadi kontra produktif ketika banyak penikmat minuman ini menjadi biang kerok keributan seperti perkelahian atau tindakan kekerasan lainnya.  

Ada istilah dikalangan masyarakat Minahasa tentang takaran mengkonsumsi cap tikus ini. 

“Satu sloki tambah darah, dua sloki nae darah, tiga sloki tumpah darah”. 

Artinya, satu sloki atau satu gelas cap tikus akan menambah darah yang diartikan menambah semangat kerja, dua sloki berpotensi untuk menjadi seorang yang mudah tersinggung atau marah, tiga sloki berpotensi terjadinya tindakan kekerasan, seperti perkelahian.

Jadi istilah tersebut sebenarnya dapat menjadi masukan bagi seseorang dalam mengkonsumsi cap tikus. Terlepas dari positif dan negatifnya, minuman ini telah menjadi bagian dari kehidupan orang Minahasa. Karena semuanya tergantung dari  bagaimana seseorang memanfaatkan minuman yang telah menjadi warisan budaya ini.  

Sumber;
[3] Jessy wenas: Sejarah dan budaya Minahasa, hal 91 dan 96


kaos manado, tshirt cap tikus, ole-ole manado, ct,pinaraci,minahasa, miras, brenti jo bagate
Tersedia hitam, putih, blue navy, merah maroon
kaos manado, tshirt cap tikus, ole-ole manado, ct,pinaraci,minahasa, miras, brenti jo bagate
Klik gambar utk cara pesan
Baca artikel lain;
Pohon aren, bahan dasar cap tikus dan saguer, minuman tradisional minahasa, cara buat cap tikus, proses saguer
Asal usul nama cap tikus
Namanya aneh tapi minuman alkohol ini sudah tak asing bagi orang Minahasa, lalu bagaimana asal usul nama cap tikus ini? Ayo cari tahu!








gunung klabat, Tomohon, Minahasa, cerita rakyat minahasa, kota tomohon
- Inilah asal muasal gunung Klabat jadi gunung tertinggi di Minahasa.
Ternyata dulu gunung Lokon jauh lebih tinggi dari gunung Klabat, namun kemudian tinggi kedua gunung ini berubah, bagaimana bisa?

Gunung Mahawu, roemengas, objek wisata tomohon, manado wisata, minahasa highland, sulawesi utara, kawah gunung
- Berkunjung ke puncak Gunung Mahawu
Gunung Mahawu adalah salah satu gunung favorit di sulawesi utara yang sering didaki oleh para pecinta alam. 

Untuk mencapai puncak atau kawah gunung yang relatif mudah dilakukan membuat gunung ini adalah gunung yang paling banyak dikunjungi dari semua gunung di sulawesi utara.



industri rumah kayu Woloan, rumah tradisional minahasa, objek wisata tomohon, Manado wisata, Minahasa highland tour, kota tomohon
- Desa Woloan, pusat industri rumah kayu
Woloan terkenal karena menjadi pusat industri rumah kayu yang dulunya hanya memproduksi rumah gaya tradisional untuk warga Tomohon tapi sekarang...



- Ayo kenali objek wisata di kota Tomohon

If you like this, please share!
Ayo bantu promosi kota Tomohon 
menjadi "Tujuan Wisata Favorit" di Indonesia




Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon